cara modifikasi sepeda drag |
Sementara jika balapan RESMI umumnya berlangsung di tempat yang sudah di tentukan agar penonton dan juga pembalapnya lebih aman ketika beraksi di jalanan.
Agar bisa menjuarai di berbagai event balap , biasanya pemilik motor akan mencari tempat bengkel yang bisa membuat motor miliknya memiliki laju atau Larinya menjadi lebih kencang. Bahkan ngantripun tidak menjadi masalah ketika harus menunggu giliran untuk di lakukan tune up pada mesin motornya.Yang terpenting bagi pembalap adalah motornya bisa di tangani oleh orang yang sudah jago /secara langsung di garap sama mekanik yang terdapat pada bengkel tersebut.
gambar motor drag ninja
Satu diantara bengkel yang setiap hari didatangi penggembar motor balap adalah “satelite jaya motor”. Bengkel motor ini berlokasi lebih tepatnya di ” di Jl Raya Parung Serab/Kota Kembang Rt 03/04 Tirtajaya Depok.” Bagi anda yang ingin mendapatkan tips membuat motor drag atau sebagai penggemar balapan motor mungkin bengkel ini memang sudah cukup terkenal dan mampu membuat motor berlari lebih kencang dari pada standardnya dan biasanya motor yang oprek tersebut selalu menjadi juara dalam ajang berbagai event balap motor.
Ketenaran Bengkel tersebut juga tidak hanya untuk wilayah depok dan sekitarnya tapi juga bengkel tersebut sudah terkenal dan merambah hingga jakarta , bekasi ,tanggerang , bogor, bandung, semarang,jogjakarta,riau,dan sulawesi.Bahkan karena selalu menjadi juara dalam berbagai ajang event balap motor maka salah satu motor hasil tune upnya di tulis oleh media otomotif nasional.
Dari Luar Bengkel ini memang terlihat seperti bengkel pada umumnya ,bengkel ini pun hanya menempati rumah kontrakan yang mempunyai luas 3 x 7 meter. Yang mengagumkan jika anda masuk ke dalam bengkel tersebut maka akan melihat banyak motor drag race yang di pajang di dalam,kurang lebih ada sekitar 6 motor drag race yang sudah selesai di tune up dan siap untuk digunakan balapan.
Menurut Eko Aryanto sebagai seorang mekanik dan pemilik bengkel satelite jaya motor untuk membuat motor Drag bisa berlari kencang hingga menjadi juara drag race maka harus merubah semua ukuran standard sepeda motor menjadi ukuran yang sesuai dengan kelas drag race. Perubahaan ukuran tersebut diantaranya yaitu seperti gear ratio, noken as, saher, pen struk, system pengapian ,knalpot dan juga menaikan CC mesin motor. well banget bro..!
Namun semua ukuran yang tidak standard tersebut juga harus di imbangi dengan pemasangan atau penempatan yang pass. Jika tidak tepat dalam memasangnya maka jangan harap motor bisa melaju dengen cepat atau kencang tapi malah bisa mogok di tengah jalan. Apa lagi dalam mengoprek motor tergantung keahlian pada mekaniknya.
Dalam hal ini mekanik akan berperan banyak dan menggunakan feeling untuk mendapatkan settingan yang tepat dan joss gandoss.
gambar motor mio drag“Jadi semuanya itu ya tergantung cara memasangnya , karena harus ada pengukuran yang sempurna biar larinya bisa kecang “kata Eko pemilik dan mekanik bengkel sattelite.
Biaya membuat motor drag
Mungkin anda juga akan bertanya bukan dalam hati , kira kira berapa dana yang dibutuhkan untuk membuat motor drag race, kata mas eko sendiri kurang lebih sekitar 5 sampai 7 jutaan untuk bisa merubah motor standar menjadi drag race. Namun Hal tersebut juga harus dilihat kondisi yang terdapat pada mesin ,apakah masih layak atau tidak. JIka tidak maka anggaran dana yang dibutuhkan bisa lebih besar atau bisa juga memang motor tersebut sama sekali tidak bisa dirubah menjadi motor drag race karena banyak alasan.
Kalau punya dana sekitar 5 jutaan lebih baik memilih motor drag matic karena budget lebih murah dan sudah cukup. Lagi pula baru baru ini motor matic banyak digunakan untuk ajang balap motor .Dengan motor matic maka penggemar motor balap tidak perlu pusing lagi untuk membeli gear ratio yang harganya lumayan mahal mahal. Untuk Membuat Motor Metic menjadi drag race maka tinggal mengandalkan pada peningkatan stroke /langkah dan dilakukan bore up. Untuk keduaa hal ini kisaran dana yang dibutuhkan hanya 3 jutaan.Sedangkan uang yang tersisa bisa di manfaatkan untuk merubah noken as sesuai dengan kebutuhan , apakah untuk 201 m atau 402 m. Kemudian peranti pengapian dan juga perangkat CVT yang harus di rubah untuk menyesuaikan kebutuhan rubahan. Untuk yang lainnya tergantung dari pada keahlian mekanik tersebut untuk memanfaatkan part yang ada .
Sementara untuk motor yang 2 tak biaya yang dibutuhkan lebih mahal dari pada motor matic ,bahkan bisa dua kali lipat karena harga spart part motor 2 tak lebih mahal .Beberapa spare part yang harus di ganti atau dirubah adalah piston , naikan langkah/stroke, bore up, close rati, final gear dan pengapian. untuk merubah hal tersebut biaya yang harus di keluarkan kurang lebih sekitar 9 jutaan. bayangke ae mas bro , spare part motor memang larang larang.
Apakah kamu pecinta otomotif, atau suka mengutak atik kendaraan motor roda dua milik kamu sendiri? Atau kamu adalah pecinta motor drag balap liar yang gemar memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Biasanya hal ini dilakukan oleh anak-anak muda yang suka dengan kegiatan balap liar yang dilakukan di arena dengan track jalan lurus. Balapan ini biasa disebut dengan drag race. Tidak semua drag race adalah balapan liar yang digemari oleh anak-anak muda yang terbiasa mengendarai motor mereka dengan kecepatan tinggi. Ada juga drag race resmi yang memang dijadikan sebagai upaya memfasilitasi bagi kamu yang suka berbalap motor ria.
Kamu juga bisa melihat gambar modifikasi motor drag terbaru atau gambar modifikasi motor drag mio, ninja, king, dan satria fu dibawah ini. Kumpulan modifikasi motor drag lengkap dengan foto modifikasi dibawah ini akan menjadi inspirasi untuk mengubah motormu menjadi yang terbaik. Joss gandosss.
stang motor drag race
Namun, dalam balapan drag race ini motor yang digunakan adalah motor yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga cocok digunakan untuk balapan track lurus ini. Tak jarang jika sekarang ini kita lihat, motor bebek yang dirubah baik secara desain dengan menggunakan spare part yang bukan spare part standar sebuah kendaraan bermotor yang layak. Anak-anak penggemar motor drag akan mendatangi bengkel-bengkel yang dikira bisa memodifikasi motor mereka sehingga layak untuk dimasukkan dalam arena drag race. Ada beberapa bagian spare part yang harus diganti untuk memacu kecepatan motor menjadi lebih maksimal.
motor drag matic
Kali ini, gue akan memberikan tips bagi kamu pecinta balapan track lurus dalam merubah dan memodifikasi motor sehingga layak untuk berpacu dalam arena drag race. Tips ini gue ambil dari sumber yang terpercaya, yaitu seorang mekanik yang biasa memodifikasi motor menjadi motor yang bisa menjadi juara di balapan track lurus. Kamu ingin tahu tips-tips apa saja yang diuraikan oleh mekanik motor handal yang biasa merubah tampilan motor menjadi lebih yahud dalam balapan. Salah satu tips yang dianjurkan oleh sang mekanik adalah untuk merubah semua ukuran motor standar menjadi ukuran motor drag race seperti cewek drag bike yaitu indri barbie.
Beberapa spare part yang harus dirubah antara lain adalah gear ratio, saher, noken as, pen struk, knalpot serta system pengapian. Dan tidak lupa pula untuk menaikkan kapasitas cc mesin motor agar bisa ngebut di arena balapan. Namun, untuk menghasilkan sebuah motor yang sangat bagus untuk balapan drag race, maka penempatan dari setiap spare part yang dirubah harus sesuai dan pas dengan kondisi motor. Jika ada sebuah kesalahan penempatan spare part maka kamu tidak akan bisa memiliki sebuah motor balap yang mampu melaju dengan kencang di arena balap motor. Sebaiknya, jika Anda ingin merubah atau memodifikasi motor carilah mekanik yang telah berpengalaman.
motor drag bebek 1
Untuk memiliki sebuah motor yang bisa berpacu dalam arena balapan liar atau bahkan drag race, kamu juga harus mempersiapkan dana yang dibutuhkan untuk memperbarui semua bagian motormu,bisa menggunakan spare part yang berkualitas untuk mendapatkan motor yang sesuai dengan standar drag race. Dan tentu saja dana yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Untuk mendapatkan sebuah motor yang berkualitas paling tidak kamu harus mengeluarkan dana paling minimal adalah sekitar 5 juta, itu pun tergantung dengan kondisi motor yang dimiliki saat ini.
Jika kondisi motor yang akan dimodifikasi memiliki permasalahan yang cukup serius, plus peningkatan kapasitas cc mesin, kamu juga harus mengeluarkan dana yang lebih untuk membuat motor terlihat bagus dan layaknya mirip motor drag. Namun, jika tidak memiliki cukup dana untuk memodifikasi motor atau hanya memiliki dana minimum, sebaiknya kamu merubah motor matic untuk dijadikan sebagai motor matic drag race. Karena saat ini bukan hanya motor bebek saja yang dijadikan sebagai motor balap track lurus, akan tetapi motor matic pun telah masuk ke dalam ranah balapan yang memang memacu adrenalin ini.
motor drag matic 43
Untuk biaya modifikasi motor matic dirubah menjadi motor drag race tidak membutuhkan biaya yang banyak. kamu bisa memodifikasi motor tersebut dengan modal 3 sampai dengan 5 jutaan saja. Hal yang menjadikan modifikasi motor matic menjadi lebih murah karena tidak perlu mengganti gear ratio agar lebih mudah digunakan saat balapan. Karena spare part gear ratio yang digunakan standar balap memiliki harga yang cukup lumayan mahal. Untuk merubah motor matic menjadi motor balap hanya memerlukan perubahan pada bagian peningkatan stroke serta dilakukan bore up. Serta melakukan perubahan spare part yang dirasa dibutuhkan untuk mempercepat laju sang motor matic.
Bagaimana jika ingin merubah motor 2 tak menjadi motor drag race? Untuk merubah motor 2 tak memang sedikit membutuhkan biaya yang lebih banyak. Hal tersebut karena harga spare part dari kendaraan motor 2 tak memang memiliki harga yang cukup mahal. Untuk biaya motor 2 tak menjadi sebuah motor balap, bahkan bisa membutuhkan 2 kali lipat daripada biaya modifikasi motor biasa. Beberapa spare part yang dibutuhkan dalam memodifikasi motor 2 tak antara lain adalah piston, bore up, menaikkan langkah atau stroke, kemudian close rati, pengapian dan final gear. Dalam mengganti semua spare part tersebut paling tidak harus menyediakan dana sekitar 9 jutaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar