Selasa, 05 September 2017

tips modifikasi motor bebek

tips modifikasi motor bebek - Dan memangnya seperti apa sih hasil modifikasi motor bebek touring keren tersebut? Kuy, mari simak ulasan selengkapnya dalam beberapa paragraf berikut yang kemudian dilengkapi dengan foto modifikasi touring dari sepeda motor kelas bebek.
tips modifikasi motor bebek
tips modifikasi motor bebek

Di Indonesia, sepeda motor kelas bebek masih mendominasi dan berkuasa di jalan raya. Berkuasa dalam artian jumlah ya, kalau soal berkuasa beneran, yang paling berkuasa adalah mobil tronton, hehe.

Dominasi sepeda motor kelas bebek saat ini memang mulai menurun seiring dengan meningkatnya penjualan sepeda motor kelas matic yang semakin hari semakin diminati karena kemudahan penggunaannya.

Motor bebek yang masih mengharuskan rider atau pengemudinya untuk tarik ulur gas sampai oper kopling secara manual saat ini mulai kurang diminati oleh sebagian orang.

Tuntutan dari jalanan yang macet dan padat merayap ditambah iklim Indonesia yang membuat kondisi siang hari panas banget di banyak daerah, membuat pilihan dan pandangan orang bergeser ke sepeda motor kelas matic.

Meski demikian, sepeda motor bebek memiliki keunggulan yang lebih dibanding kelas matic karena sistem transmisi manualnya yang menggunakan rangkaian gearbox, bukan belt atau sabuk seperti yang dimiliki oleh sepeda motor kelas matic.

Sistem transmisi motor bebek yang berupa rangkaian gearbox membuat motor ini lebih handal jika digunakan untuk perjalanan jauh. Material gearbox yang terbuat dari logam menjadi jaminan kalau motor bebek lebih handal dibanding sepeda motor matik.

Dengan kehandalannya tersebut, maka jangan heran kalau sepeda motor ini banyak dipakai untuk mudik jarak jauh seperti Jakarta - Jogja, Jakarta - Solo, ataupun Jakarta - Kebumen pada musim libur lebaran Idul Fitri.

Dan jangan heran pula kalau banyak komunitas - komunitas sepeda motor kelas bebek yang rajin melakukan touring ke berbagai daerah di waktu - waktu tertentu. Kehandalan yang lebih baik dibanding motor kelas matik adalah kuncinya.

Kali ini, masih dalam ranah pembahasan tentang modifikasi, arena-motor.net akan membahas modifikasi motor bebek untuk keperluan touring.

Giatnya teman - teman di komunitas sepeda motor kelas bebek, seperti komunitas pecinta Supra X 125-komunitas Jupiter MX dan lain - lain, dalam melakukan touring, membuat beberapa anggota komunitas membuat modifikasi touring dari sepeda motor kesayangan mereka.

Seperti apakah jenis motor yang cocok untuk keperluan touring? Sepeda motor yang cocok untuk touring yang paling bagus adalah sepeda motor yang mempunyai bobot yang berat, mesin dengan cc besar dan juga tangki bensin yang besar juga.

Kalau melihat penjelasan di atas, maka model sepeda motor yang cocok untuk touring--terutama untuk touring jarak jauh--adalah sepeda motor kelas sporty atau sepeda motor sport.

Motor sport rata - rata memiliki kapasitas mesin yang besar dan juga bodi yang besar. Motor dengan spesifikasi seperti ini (mesin besar dan bodi yang besar = bobot yang berat) memiliki kestabilan yang baik saat dibawa melaju di kecepatan tinggi.

Bobot yang berat membuat motor tidak mudah goyang ketika melewati jalan bergelombang. Hal sebaliknya bakal sering dirasakan ketika menggunakan motor bebek, terutama motor bebek dengan cc kecil, seperti sepeda motor harian yang saya gunakan untuk kuliah, Yamaha Vega ZR.

Motor ini paling jauh pernah saya bawa touring dari Gombong, Kabupaten Kebumen, ke Kabupaten Garut, Kecamatan Cisurupan. Jadi saya tahu betul seperti apa rasanya touring menggunakan motor bebek atau motor dengan cc kecil.

Nah, kalau membahas tentang motor yang cocok dibawa touring, tentu saja motor dengan bobot yang berat adalah yang paling cocok untuk keperluan tersebut.

Semakin berat bobot motor, semakin nyaman untuk dibawa touring. Ngomongin soal bobot dari motor, tahu kan kalau penyumbang terbesar bobot sepeda motor itu adalah mesinnya? Nah, jadi dengan bobot yang berat, artinya mesinnya pasti besar.

Mesin yang besar berarti konsumsi bahan bakar juga lebih banyak karena volume silindernya besar (jadi perlu bahan bakar dengan volume yang lebih banyak juga).

Dengan kebutuhan bahan bakar yang banyak, berarti motor harus memiliki tangki yang lebih besar juga supaya tidak terlalu sering keluar masuk pom bensin.

Inilah spesifikasi ideal sebuah motor touring keluaran standar pabrikan.

Di bagian ke tiga kita sudah membahas tentang sepeda motor yang cocok untuk touring. Bahasan tersebut merujuk pada sepeda motor standar keluaran pabrik yang belum dimodifikasi sedikit pun ya.

Nah, untuk motor kelas bebek, berarti motor yang cocok untuk touring adalah sepeda motor bebek yang :

CC mesinnya besar
Bobotnya berat
Kapasitas tangki bahan bakarnya besar

Dengan merujuk spesifikasi di atas, maka Kamu akan tahu seperti apa sepeda motor bebek yang cocok buat touring.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendekati perolehan spesifikasi seperti yang tertera pada poin - poin tersebut.

baca juga : modifikasi motor bebek lainnya di sini.

Salah satu cara untuk menambah berat motor adalah dengan mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Ban yang lebih besar ini juga membantu supaya motor menjadi lebih stabil saat dikendarai pada kecepatan touring (di atas 60 kilometer per jam).

Jika harus menyebutkan satu seri sepeda motor kelas bebek yang cocok untuk touring, arena-motor.net memilih Jupiter MX, karena MX setidaknya memiliki bobot yang berat (karena mesinnya yang besar) dibandingkan dengan sepeda motor kelas bebek rata - rata.

Sepeda motor bebek atau sport naked umumnya dikendarai di jalanan aspal. Namun, ada beberapa pemilik mengubah kemampuan motornya agar bisa melaju di jalur off-road.

Pemilik bengkel Bejo Motor di kawasan Ciledug, Tangerang, Nuryanto mengatakan, semua jenis motor sebenarnya bisa dijadikan model trail. Yang penting, ada mesin dan sasis, sisanya dimodifikasi.

Modifikasi adalah hal yang wajar dikerjakan untuk anda penggemar otomotif. Ada rasa kenikmatan sendiri sesudah merubah performa motor yang paling disayangi, hingga dapat memberi rasa yakin diri anda saat mengendarainya. Umumnya sih hoby ini digilai beberapa pria, tetapi tidak tutup peluang juga bila wanita sekarang ini ada yang menyukai aktivitas ini.

Merombak motor yang paling disayangi sesuai sama imajinasi anda sih boleh-boleh saja, tetapi anda mesti tetaplah memerhatikan aspek keamanan serta kenyamanan. Memanglah perlu biaya yang lumayan kuras kantong untuk hoby ini, namun seandainya anda senang duit seolah bukanlah permasalahan besar untuk anda ya.

Beberapa hal yang melatarbelakangi orang untuk lakukan modifikasi motor. Ada yang sebatas kesenangan pribadi, ada yang supaya motor mempunyai tarikan yang mantap serta ada pula yang untuk memperkeren penampilan motor tersebut. Kurang lebih anda termasuk juga yang mana guys? Modifikasi motor yang anda kerjakan baiknya cocokkan dengan juga keperluan anda ya.

Hal pertama yang anda mesti ingat dalam modifikasi motor yaitu cocokkan dengan maksud yang menginginkan anda raih. Berikut ini terdapat banyak panduan serta trick modifikasi motor yang dapat anda menjadikan dasar sebelumnya anda merombak motor anda.

1. Modifikasi Motor Buat Anda yang Gila Balapan

Anda sukai menguji adrenalin serta sukai meningkatkan motor anda dengan kecepatan tinggi? Mungkin saja anda kurang sreg sama kecepatan standard dari motor anda. Dapat lho motor anda dimodifikasi agar larinya kencang.

Agar motor anda dapat melesat dengan cepat, anda mesti merubah ukuran standard sepeda motor anda sesuai sama kelas drag race serta tingkatkan CC mesin motor anda. Pemasangannya harus juga pas serta cocok, agar motor anda dapat dipakai dengan baik. Ketrampilan mekanik di sini begitu diperhitungkan guys, jadi pergi ke bengkel motor yang telah terpercaya ya.

Anda dapat memperluas lubang pembilasan hingga semakin banyak gas yang masuk serta kompresi kepadatan gas bakal bertambah hingga tenaga motor anda bertambah. Namun janganlah sangat lebar ya, lantaran kelak dapat mengakibatkan mesin rusak.

Kurangi berat piston supaya motor anda dapat bekerja lebih enteng serta laju motor makin cepat. Anda dapat kerjakan dengan memotong sisi bawah piston untuk kurangi beratnya.

Roda gigi pada motor belakang anda ditukar deh dengan yang lebih kecil serta enteng, hingga motor anda dapat menyeimbangkan kecepatan. Janganlah lupa panjang rantai roda anda kurangi juga.

Anda dapat juga memberi tenaga listrik pada motor anda 2 x lipat dari tenaga listrik awal agar laju motor dapat lebih kencang serta bunga api busi semakin besar. Diluar itu, menambahkan tenaga listrik bikin lampu motor anda selalu menyala.

Sebelumnya dimodifikasi, sebaiknya kamu paham.kamu mengerti bila motor anda itu mesinnya layak atau untuk tidak jadikan motor drag, lantaran tidak semuanya motor dapat dikerjakan modifikasi sejenis ini.

2. Modifikasi Tampilan Agar Semakin Kece

Tidak hanya manusia saja yang dapat melindungi tampilan supaya menarik. Motor anda dapat juga dimodifikasi penampilannya supaya menarik serta enak diliat. Nah anda dapat banget mengapresiasikan imajinasi kamu bikin motor yang paling disayangi anda.

Hal pertama sebagai pekerjaan anda yaitu memastikan rencana modifikasi yang anda kehendaki. Anda dapat fikirkan design yang bagaimana pas serta cocok untuk motor anda. Ingin yang futuristic, classic atau berdasar pada fantasi anda. Anda dapat memakai tehnik air brush dengan warna favorite anda untuk ganti warna motor anda. Anda dapat juga menempatkan stiker yang sesuai sama hasrat anda. Eits, bila anda ingin, anda dapat menempatkan stiker hasil rancangan anda sendiri.

Anda ingin motor anda terlihat lebih macho serta garang? Dapat deh anda ubah bentuk lampu motor anda dengan type angel eye. Namun kadang-kadang hal semacam ini mengganggu system listrik pada motor. Maka dari itu baiknya pemasangannya anda percayakan pada bengkel yang dapat dibuktikan oke ya.

Peringatan untuk kamu yang ingin modifikasi sisi body motor, janganlah sangat banyak memberi modifikasi di bagian ini. Hal itu dapat bahaya untuk keselamatan anda lantaran tidak cocok dengan standard dari pabriknya.

Lalu cermati juga ban serta velg motor anda, janganlah lantaran ingin style anda jadi meremehkan keselamatan anda. Bila untuk jok motor, anda dapat mengubah posisinya sesuai sama selera anda agar lebih keren serta utamakan kenyamanan anda.

Ingin motor anda lebih keren lagi? Berikan aksesori. Anda dapat memperolehnya di toko aksesori berlangganan anda. Umumnya nih, aksesori yang di jual di toko di buat oleh pabrik, hingga sesuai sama standard. Hati-hati bila anda beli dari pihak lain atau bikin sendiri lantaran sudah pasti aksesori itu belum sesuai sama standard, jadi lumayan memiliki resiko.

Dari keseluruhnya modifikasi penampilan yang anda aplikasikan untuk motor kebanggaan anda, hal yang paling utama sih penampilannya mesti matching diliat dari sisi depan, samping serta belakang. Jadi ketrampilan seni anda dipertaruhkan disini guys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar