Kamis, 14 September 2017

Manfaat Buah Makasar, Kandungan dan Efek Sampingnya

Manfaat Buah Makasar, Kandungan dan Efek Sampingnya - Buah macassar memiliki nama latin Brucea javanica atau bisa lada kuning. Buah Makasar biasanya tumbuh liar di hutan atau di perkebunan dan memiliki rasa pahit dan beracun.
Manfaat Buah Makasar, Kandungan dan Efek Sampingnya
Manfaat Buah Makasar, Kandungan dan Efek Sampingnya

Di Indonesia, tanaman ini memiliki banyak judul berbeda - berbeda di masing-masing daerah, yaitu di Lampung yang disebut Berul, Medan Malur lebih dikenal, probe yang disebut walot, orang Jawa memanggil bom makasar, nagas yang disebut ambonese, dan dalam panggilan Makassar Tambarana homo

Makasar pertama tumbuh di Sri Lanka. Tanaman ini memiliki tinggi 1 - 2,5 meter, dan dedaunannya lajang dengan daun tulang yang menyirip, dan ujung daunnya kasar. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai tanaman obat. Dipercaya bahwa isinya terkandung dalam manfaat buah Makassar menyembuhkan beberapa penyakit.

Isinya ada di buah Makasar

Besarnya kandungan yang terkandung dalam daging buah, daun dan biji buah makassar. Isi yang terkandung dalam daging, yaitu:

Minyak berlemak
Asam oleat
Asam linoleat
Asam stearat dan
Asam Palmitoleat.
Sedangkan pada buah dan daun tanaman makasar mengandung tanin. Selain itu, manfaat buah macasar juga mengandung bahan kimia seperti alkaloid (Brucamarine, yatanine). Glukosida (Brucealin, yatanosida). Fenol (Brucene, asam bruceolic. Kacang mengandung brusatol, bruceine A, B, C, E, F, G, H.

Buah makassar sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Dari akar, Anda bisa menggunakan daun, biji dan buah makasar. Penyakit yang bisa diobati dengan makasar, yaitu:

1. Penyakit malaria

Bagian yang digunakan untuk penyembuhan malaria adalah bagian akar tanaman makassar. Cara melakukannya juga cukup mudah:

Ambil akar macasar sebanyak 20 - 25 gram
lalu cuci dengan air sampai bersih
Lalu di godok dengan air yang cukup
Setelah itu minum air godokan.
2. Back Pain

Dipercaya bahwa daun buah Makasar menyembuhkan sakit pinggang. Cara menggunakannya adalah dengan merebus daun makasar hasil buah secukupnya dicuci bersih di air. Lalu minum rebusan air. Sejumlah ramuan lainnya untuk mengobati sakit punggung seperti:

manfaat dari lembaran bellow
manfaat kumis kucing
Manfaat Daun Alpukat
3. Wasir

Penggunaan manfaat makasar bagi penderita ambeien, yaitu dengan lapisan 7 biji makasar dengan buah lengkuas, kemudian ditelan.

4. Pelepasan vagina akibat Trichomonas

Baca juga: sunat pekanbaru

Cara menggunakan buah makasar untuk perawatan keputihan tidak jauh berbeda dengan menggunakan ramuan lainnya seperti manfaat daun sirih merah. Bagaimana:

Rebus atau godok 20 biji buah makassar di pot tanah dengan menambahkan 400cc air
Godok sampai airnya 10cc
Gunakan air untuk menyemprot area vital wanita
Cukup semprot 20-40 cc sekali pakai saja
Jika memutihkan cahaya putih, semprotkan air secukupnya 1 kali sehari, tapi bila berat putihnya lalu ulangi penyemprotan hingga 2 -3 kali sehari.

5. Disentri Amyban

Penggunaan buah macasar untuk pengobatan disentri amuba diyakini merupakan bagian dari benih. Ambil 10-15 biji makassar lalu giling sampai halus. Masukkan penggilingan halus ke dalam kapsul, lalu diminum 3 kali sehari selama 7-10 hari saja.

6. Kanker serviks dan rahim

Bagian tanaman yang digunakan untuk menyembuhkan kanker serviks, rahim dan kulit adalah bibit buah makassar. Bagaimana:

Rebus atau godok 20 biji buah makasar di panci tanah liat dengan menambahkan 400cc air
Godok sampai 100cc air tetap ada
Kemudian minum airnya 3 kali sehari dengan dosis 2 sendok makan sampai penyakitnya berangsur-angsur turun.
7. Mata ikan atau kutil

Manfaat buah macasar bisa digunakan untuk mengobati kutil dan mata ikan adalah buah makasar. Stroberi Makasar sampai halus. Hasil penggilingan buah makasar digunakan untuk memampatkan mata ikan dan kutil. Kandungan antiseptik pada buah makasar diyakini bisa membunuh bakteri dan kuman, sehingga bisa membantu mengobati kutil dan mata ikan.

8. Menurunkan gula darah (diabetes)

9. Keracunan makanan

10. Demam panas
Efek Samping Buah Makassar

Makan buah makasar dalam dosis besar atau berlebihan bisa mengakibatkan keracunan. Toksisitas yang terkandung dalam buah makassar bermanfaat untuk obat pencahar, tapi juga bisa merusak tubuh. Remaja disebabkan jika seseorang meracuni buah makasar, yaitu:

Terhambat bernafas
Mual - mual
Pusing
Diare, dan
Koma
Bila sangat kronis memiliki keracunan buah makassar ini, bisa mengakibatkan kematian. Bagi wanita hamil dan anak-anak tidak diperbolehkan minum campuran buah obat.

Namun demikian, meskipun banyak sekali buah-buahan di sekitar kita, kita harus tetap mengontrolnya saat makan. Karena ada beberapa penyakit tertentu yang tidak bisa memakan jenis buah, karena mungkin keadaan akan lebih parah apabila buah tersebut dikonsumsi. Sehingga jika Anda memiliki latar belakang penyakit tertentu maka sebaiknya untuk memakan buah tersebut dikonsultasikan dengan dokter secara baik-baik. Namun jika Anda sehat-sehat saja maka akan lebih mudah untuk kita mengambil manfaat buah-buahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar