Selasa, 12 September 2017

Tips Khasiat Daun Kelor dan Manfaat Bagi Kesehatan

Tips Khasiat Daun Kelor dan Manfaat Bagi Kesehatan - Kelor juga dikenal sebagai Moringa oleifera dan merupakan tanaman jenis suku Moringaceae. Daunnya bulat bulat dan berukuran kecil disusun dengan hati-hati pada tangkai, biasanya dimasak sebagai sayuran untuk perawatan dan untuk menjaga kesehatan.
Tips Khasiat Daun Kelor dan Manfaat Bagi Kesehatan
Tips Khasiat Daun Kelor dan Manfaat Bagi Kesehatan

Tanaman ini memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, memiliki bunga dengan warna putih kekuningan yang memancarkan harum harum, dan memiliki buah dengan bentuk segitiga yang umumnya memanjang yang disebut kelentang.

Kandungan vitamin C membuat lebih banyak kelor dari sayuran atau buah lainnya. Selain itu, kandungan vitamin A dan potassium pada daun kelor sangat tinggi, sehingga sangat baik jika dikonsumsi secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan saja, manfaat tanaman moringa juga bisa melindungi lingkungan sekitar serta tanah longsor.

Air hujan bisa tahan terhadap sistem akar kelor yang padat, telah digunakan di Konso dan juga di Arba Minch, juga digunakan sebagai konservasi tanah, teras. dan saat musim kemarau tiba, akar di sekitar moringa yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lain.

Tak banyak orang tahu manfaat yang dihasilkan oleh daun kelor, banyak orang yang menganggap daun kelor itu identik dengan hal mistis. Seperti di Jawa (khususnya masyarakat Jawa) mereka sering menggunakan lembaran kelor sebagai salah satu bagian proses mandi mandi.

Meski tidak banyak orang yang mengetahuinya secara keseluruhan, namun khasiat yang terkandung di dalamnya telah terbukti efektif untuk pengobatan berbagai penyakit. Diantara mereka:

Manfaat Lembar Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Pengobatan Herpes

Penyakit kulit ini kerap terjadi secara tiba-tiba, terasa sakit dan gatal untuk memberi bekas luka merah di awal dan menghitam setelah beberapa hari, bahkan jarang sekali orang yang mengalami herpes parah terjangkit. Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi penyakit kulit ini. Ngomong-ngomong, ambil beberapa daun daun kelor, lalu tumbuklah sampai empuk, lalu sisipkan pada kulit yang mengalami herpes.

2. Memelihara kulit

Daun kelor mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi, kedua zat ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Ngomong-ngomong, daun kelor dibuat sebagai sayuran dan dikonsumsi secara teratur bisa melembutkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Tak hanya itu juga bisa menumbuk daun kelornya agar lembut dan membuat daun kelor sebagai masker wajah yang bisa membuat kulit wajah lebih halus dan cantik.

3. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan daun kelor sangat tinggi; Selain itu, daun kelor mengandung kalium berlebih, sehingga diyakini sebagai obat herbal yang bisa mencegah kanker. Manfaat yang terkandung dalam lembaran kelor ini mampu memperlambat bahkan bisa juga menghentikan dan menyingkirkan kanker yang ada di tubuh.

4. Mengatasi Diabetes

Daun kelopak juga dipercaya bisa mengatasi diabetes. Makan daun kelor secara teratur bisa menurunkan kadar gula darah, sehingga bisa disimpulkan bahwa daun kelor memiliki manfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit gula darah atau diabetes.

5. Mata Sehat

Vitamin A yang kaya daun kelor sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Daun kelor juga bisa mengobati penyakit mata, dengan cara merebus air dengan memasukkan daun kelor ke dalam air rebusan, lalu air daun kelor direbus dengan mata sakit setiap hari. Lakukan sampai mata Anda menjadi lebih baik

6. Pengobatan sariawan

Daun kelor adalah sejenis daun yang kaya vitamin C. Seperti kita ketahui, vitamin C adalah vitamin yang sangat kuat dalam pengobatan masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. Oleh karena itu, daun kelor dapat digunakan sebagai obat penambah dengan mengolahnya menjadi sayuran untuk lauk pauk.

Baca juga: Sunat Pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar