Rabu, 13 September 2017

Manfaat buah semangka bagi tubuh

Manfaat buah semangka bagi tubuh - Semangka adalah jenis buah yang bisa kita temukan dengan mudah di Indonesia. Buah ini bisa ditemukan sepanjang musim, biasanya akan sangat manis saat musim kemarau. Varietas asli buah semangka memiliki warna merah dan biji kecil di dalam daging.
Manfaat buah semangka bagi tubuh
Manfaat buah semangka bagi tubuh

Semangka mengandung air dan memiliki rasa yang sangat manis. Kini semangka dikembangkan dalam beberapa jenis seperti jenis semangka tanpa biji, semangka kuning dan varietas lainnya. Meski ada beberapa jenis namun, setiap jenis semangka memiliki nilai gizi seimbang.

Semangka dalam buah mengandung banyak sumber gizi lengkap. Dalam sepotong semangka segar, maka Anda bisa mendapatkan berbagai jenis manfaat gizi. Makanya semangka menjadi salah satu buah yang bisa digunakan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Berikut beberapa manfaat buah semangka yang perlu Anda ketahui.

1. Pencegahan Asma

Manfaat semangka adalah buah ajaib untuk mencegah asma. Buah ini tidak menyembuhkan asma; hanya menghindari tahap gejala pernafasan atau penyakit yang bisa menjadi penderita asma. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam semangka secara efektif dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah gangguan pernafasan.

2. Penurunan tekanan darah

Semangka juga sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi buah semangka secara teratur. Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung. Inilah yang membuat semangka buah menyegarkan bagi penderita hipertensi.

3. Kanker Penjaga

Semangka pada buah yang memiliki sumber vitamin C dan zar licopen tinggi. Kedua jenis zat ini sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal tanpa kanker. Manfaat semangka untuk kesehatan menjadi sumber antioksidan sangat tinggi dan sangat baik untuk penderita kanker prostat dan beberapa jenis kanker lainnya.

Top untuk kanker
4. Mengatasi Sembelit

Semangka adalah buah yang mengandung serat dan air yang sangat tinggi. Serat dalam semangka bisa mengatasi masalah sembelit terutama karena kurangnya serat larut di usus. Serat yang terkandung dalam semangka bisa membentuk gel alami di usus besar untuk melembutkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.

5. Pencegahan dehidrasi

Dehidrasi adalah sejenis anomali yang diakibatkan karena kekurangan air mineral dalam tubuh. Semangka berubah menjadi buah yang menyegarkan dan memiliki banyak kandungan air. Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah, tidak berenergi dan kurang konsentrasi. Selain itu, kekurangan air juga bisa menyebabkan ginjal bekerja lebih keras sehingga bisa menyebabkan gangguan pada ginjal.

6. Pencegahan radang

Peradangan yang terjadi pada organ tubuh dapat menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya. Kandungan senyawa choline yang ditemukan dalam semangka memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, membantu tubuh menciptakan efek relaksasi, dan meningkatkan ingatan otak. Senyawa kolin dalam manfaat semangka ini juga berperan dalam menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, membantu pengiriman sinyal neuronal dari otak dan motor dan membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

7. Membuat kulit lembut dan halus

Semangka bukan hanya buah yang menyegarkan dan memuaskan kebutuhan nutrisi. Tapi ternyata semangka yang kaya kandungan vitamin A bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembab. Ini akan mencegah kulit kusam dan kurang gizi. Wanita yang mengonsumsi semangka biasa bisa memiliki kulit yang lebih indah dan tidak kering. Vitamin A dalam semangka juga memperbaiki sistem jaringan seluler tubuh di rambut dan kulit.

8. Mengatasi Sakit Otot

Asam amino citrulline yang ditemukan pada semangka memiliki efek yang sangat baik untuk meredakan nyeri otot. Senyawa ini mampu membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks untuk meredakan ketegangan. Inilah yang membuat semangka sangat efektif bagi atlet setelah pertandingan.

9. Sumber kolagen alami

Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Manfaat semangka untuk kulit mengandung vitamin C sangat tinggi. Vitamin C adalah sejenis vitamin yang membantu tubuh menyerap sehinggab kolagen untuk membuat kulit lebih lembut. Selain semangka penuh air akan memenuhi kebutuhan air untuk menjaga sel kulit.

Tips Mengkonsumsi Semangka

Untuk mendapatkan semua manfaat buah semangka yang sangat luas, maka konsumsi buah semangka juga harus dilakukan sesuai aturan. Dibawah ini adalah beberapa tips untuk mengkonsumsi semangka agar tetap sehat.

Cuci buah semangka sebelum dikupas untuk membersihkan kulit dari bakteri atau kuman selama semangka dalam penampungan atau toko.
Sajikan semangka saat sudah dikupas kulitnya untuk menghindari kontaminasi bakteri.
Selalu konsumsi semangka yang masih segar atau baru saja di potong.
Hindari memakai pisau bekas daging atau makanan lainnya untuk memotong semangka
Hindari konsumsi semangka yang sudah dipotong dan disimpan lebih dari 24 jam.

Baca juga: sunat pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar