Selasa, 05 September 2017

membuat rangka trail motor bebek

membuat rangka trail motor bebek - Berikut dibawah ini grasstrack Jawa akan sedikit memberikan gambaran bagaimana cara mengolah atau merombak rangka dari nol, sehingga terbentuk motor tril yang keren.
Hal yang pertama harus dilakukan adalah jasa frame terlebih dahulu melihat mana contoh sketsa yang akan dibuatkan untuk modifikasi motor tril. lantas contoh sketsa rangka yang seperti apa dalam hal membuat rangka grasstrack yang baik. berikut dibawah ini kumpulan sketsa gambar rangka motor tril grasstrack, gtx motocross terbaik.
membuat rangka trail motor bebek
membuat rangka trail motor bebek

Tapi kebanyakan Para grasstracker yang sering digunakan dalam balapan motor grasstrack baik kelas bebek standar 4 tak maupun kelas bebek standar modifikasi 4 tak ia merakit jupiter z, dalam hal-hal merakit atau merancang motor grasstrack tentunya bukan salah satu yang mudah dan perlu modal yang cukup lumayan tinggi, tapi kita tidak sendirian tenang gan masih banyak yang ahli membuat Frame GTX ( rangka grasstrack) bengkel-bengkel khusus las. jadi sobat pecinta motor trail carilah yang ahli dalam pembuatan rangka motor trail dan pembuatan tersebut tidak hanya memntingkan asal jadi tpi harus mementingkan ukuran atau spekulasi ukuran rangka motor agar menghasilkan rakitan-rakitan motor trail yang mempuni, enak dugunakan dan tentunya yang enak dipandang.  dibawah ini sobat insan motor grasstrack bisa dilihat sekumpulan rangka motor grasstrack yamaha Jupiter Z , tipe rangka grasstrack jupiter Z, macam-macam rangka motor grasstrack jupiter, bisa lihat dibawah ini .

Dunia Otomotif di tanah air sepertinya tidak lekang dimakan waktu, dengan selalu beragamnya acara-acara yang selalu mewarnai baik dunia balap, kontes sampai keluarnya produk-produk terbaru, baik dari pabrikan ataupun dari merk-merk Racing. Memang di Indonesia antusias Dunia Otomotif sangatlah tingggi, buktinya setiap event yang digelar selalu ramai peminat mulai dari pencinta otomotif sampai masyarakat biasa .

Pertumbuhan Dunia Balap baik Road Race, Drag ataupun Grasstrack banyak diminati kaum muda maupun tua. Liat aja di setiap Event yang diadakan antusias penonton sangatlah tinggi. Nah kali ini penulis mau membahas tentang “Cara Merakit Motor Grasstrack dan Trabas Berikut Biaya Pembuatan”. Sebenernya mudah aja bagi mereka yang memiliki kantong tebal, karena untuk saat ini sangat banyak sekali penyedia jasa, yang sudah ahli dalam membuat Frame atau rangka motor Grasstrak atu untuk Trabas. Sebenenya rangka buat Grasstrack atau untuk  Trabas sama aja paling yang berbeda dibagian mesin, spek untuk Trabas tidak seExtrime untuk Grasstrack.

Lalu motor apa saja yang cocok digunain untuk Grasstrack atau Trabas, sebetulnya motor apa aja bisa dibikin, cuma banyak hal teknis yang tidak cocok untuk digunain Grastrack atau Trabas, seperti parts nya yang mahal, mesin yang kurang agresif, bentuk mesin terlalu besar. Lalu motor apa yang cocok untuk Grastrack dan Trabas? Sebetulnya banyak cuma penulis ambil garis besarnya aja atu penulis kasih contoh motor yang sering banget digunain seperti  Yamaha Jupiter z, Yamaha F1zr, Honda blead atau Kawasaki Ninja R.

Penulis sendiri menggunakan motor lawas yaitu Yamaha F1zr, kenapa penulis menggunakan motor F1zr sebenernya simpel aja, motor F1zr harganya murah dan parts nya juga mudah dicari dan harganya parts nya juga ramah dikantong. Lalu biaya pembuatannya habis berapa, nah kalau ditanya ini penulis susah menjelaskanya, Lah ko bisa bikin artikel ini kalau tidak bisa menjawab!. Tenang tenang penulis akan membeberkanya secara jelas, so baca artikel ini sampai habis ya.

Membuat motor Grasstrack atau Trabas bisa dibikin semurah mungkin dan bisa dibikin semahal mungkin, kenapa bisa gitu? Ya betul tergantung parts-parts yang digunakan, mau memakai parts dari motor biasa atau mau menggunakan parts Special Engine. Bila memakai parts Special Engine untuk harga shok depan aja bisa Rp 8,5 juta itu second loh atau limbah Se, ingat itu baru shok aja belum yang lain-lain. Namun sangat sebanding harga sama kualitas yang didapatkan. Penulis sendiri kalau memiliki dana lebih pengen menggunakan part-parts Se. Namun karena dana tipis dan kalau menunggu nunggu uang terkumpul kapan jadinya. Penulis sendiri membuat motor Grastrack tipe bebek standar atau bisa dibilang bebek jawa, tadinya niat buat ikut event Grastrack kelas bebek standar makanya harus sesuai regulasi namun dana tidak mencukupi motor nya cuma disimpen dirumah jadi pajangan.


  • Parts yang dibutuhkan
  • Velg TK japan ukuran depan 19/160 dan belakang  16/185 Rp 980.000
  • Tromol Orginal Klx depan belakang Rp 850.000
  • Jari-Jari Orginal Kawasaki depan belakang Rp 135.000
  • Rante merk SSS Ukuran 128 Rp. 285.000
  • Gir depan belakang merk SSS, depan ukuran 14 belakang 50 Rp 160.000
  • Swing Arm Kaze Orginal fullset Rp 500.000
  • Piringan cakram depan belakang merk Willwood Rp 250.000
  • Baut cakram orginal harga satuan Rp 14.000 depan belakang, lupa berapa bautnya pokoknya kira-kira habis Rp 200.000
  • Cakram belakang Satria Fullset lokal Satria Fu Rp 385.000
  • Shok depan mengunakan Shok copotan dari motor Yamaha Rk-king, beli bekas Rp 850.000
  • Shok belakang merk Yss Rp 350.000
  • Ban depan menggunakan merk Irc iX-05 H series ukuran 70/100-19 Rp 347.000
  • Ban belakang mengunakan merk Irc iX-09 W Series ukuran 90/100-16 Rp 585.000
  • Body sett Yz85 merk lokal Rp 400.000
  • Stang Trail lupa merk harga Rp 225.000
  • Step atau pijakan Kaki Rp 12.0000
  • Selahan jupiter z Rp 75.000
  • Padud busi merk KTC Rp 35.000
  • Handgrip lupa merk Rp 80.000
  • Selang depan belakang rem merk TDR Rp 160.000
  • Kampas kopling Kopling buat Yamaha FR Rp 145000
  • Pembuatan Rangka Rp 1.500000
  • Cat Rangka Rp 500.000
  • Trial dan eror Rp 1.000.000 ( termasuk baut-baut dan parts kecil-kecil).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar